Oleh: myusufshandy | 10 November 2011

4. Doa Nabi Ibrahim As (Bag. 4)

4. Doa Nabi Ibrahim As (Bag. 4)

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.”

(QS. Ibrahim [14]: 37)

*) Dalam doa Nabi Ibrahim di atas, kita dapat mengambil beberapa pelajaran, antara lain;

1. Selalu mendoakan anak, agar menjadi anak yang taat dan patuh ibadah kepada Allah SWT. Dalam doa-doa Nabi Ibrahim AS yang diabadikan Allah SWT dalam al-Quran, Nabi Ibrahim As selalu menyertakan anak, keturunan dan orangtuanya dalam doanya. Sehingga tidak heran jika nabi-nabi setelahnya adalah keturunan beliau, termasuk Nabi Muhammad SAW.

2. Membantu anak menjadi pribadi yang rajin ibadah. Pada doa ini kita melihat bahwa Nabi Ibrahim AS, dengan sengaja, menempatkan anak dan keturunannya pada tempat yang baik dan mendukung bagi anak dan keturunannya untuk lebih rajin ibadah kepada Allah SWT. Sekalipun al-Haram adalah wilayah yang tak memiliki tanaman, Ibrahim tetap menempatkan keturunannya di sana, karena di tempat itulah anaknya dapat lebih dekat kepada Allah SWT, antara lain melakukan shalat.

3. Pentingnya menegakkan shalat, karena shalat adalah kunci keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Shalat termasuk sarana paling utama mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Memohon kepada Allah SWT agar anak-anak dilimpahi rezeki. Sebagai manusia biasa, Nabi Ibrahim AS tidak ingin anaknya terlantar dan sengsara, sehingga beliaupun selalu menyertakan dalam doanya agar anak-anak dan keturunannya diberi rezeki berupa buah2an. Kenapa buah-buahan? Karena ternyata buah-buahan itu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia (soal ini bisa dibaca dalam buku2 yg membahas tentang mukjizat ilmiah al-Quran).

5. Membantu anak menjadi hamba yang selalu bersyukur, melalui doa dan bimbingan yang berkesinambungan.

6. Satu lagi, Nabi Ibrahim AS berharap kelak anak-anak dan keturunannya menjadi pribadi2 yang disenangi oleh orang banyak. Disenangi karena kebaikan dan kedekatannya dengan Allah SWT, sehingga kesalehan itu tidak hanya terbatas para pribadi anak2nya (kesalehan pribadi), tetapi juga bagi orang banyak (kesalehan sosial).

Demikian, semoga Allah SWT menjadikan keluarga kita keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah, juga mengaruniakan kepada kita anak dan keturunan yang saleh dan dermawan sertai pandai bersyukur. Berkah, sehat dan sukses selalu buat semua. Amin… (MYS, 10/11/11)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: