Oleh: myusufshandy | 2 November 2011

ENAM MASA Penciptaan Langit dan Bumi

ENAM MASA Penciptaan Langit dan Bumi

PERTANYAAN:
Ust mohon penjelasan mengenai Allah menciptakan dalam 6 masa…!!! seperti yg tedapat dalam Al-Quran salah satux Surah As- Sajadah ayat 4. dan sebagainya…!!
Habrar – Makassar

JAWABAN:

Allah SWT berfirman,

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ مَا لَكُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلا شَفِيعٍ أَفَلا تَتَذَكَّرُونَ، يُدَبِّرُ الأمْرَ مِنَ السَّمَاءِ إِلَى الأرْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ أَلْفَ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ

“Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘arsy. Tidak ada bagi kamu selain daripada-Nya seorang penolong pun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa’at. Maka apakah kamu tidak memperhatikan? Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS. As-Sajadah [32]: 4-5)

Pada ayat di atas Allah SWT menjelaskan bahwa Dia menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Enam masa yang dimaksud telah dijelaskan langsung oleh Rasulullah SAW, sebagaimana yang disampaikan dalam hadits berikut;

Dari Abu Hurairah ra, ie mengatakan, Rasulullah SAW meraih kedua tanganku lalu bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan langit dan bumi beserta apa yang ada di antara keduanya dalam enam hari (ayyam), kemudian Allah SWT ber-istiwa di atas Arasy pada hari ketujuh. Allah menciptakan (1) TANAH pada hari SABTU, (2) PEGUNUNGAN pada hari AHAD, (3) PEPOHONAN pada hari SENIN, (4) sesuatu yang dibenci (makruh) pada hari SELASA, (5) cahaya pada hari RABU, (6) hewan melata pada hari KAMIS, dan Adam pada hari JUM’AT, di akhir siang, setelah ‘Ashr. Dia menciptakannya dari kerak bumi; yang paling merah dan paling hitam, dan yang baik dan yang buruk. Oleh karena itu, Allah menciptakan diantara anak cucu Adam ada yang baik dan ada pula yang buruk.” (HR. Muslim dan An-Nasai)

Demikianlah berita yang disampaikan oleh Rasulullah SAW soal masa penciptaan langit dan bumi, beserta apa yang di antara keduanya. (Lihat: Tafsir Ibn Katsir, 3/2242)

Semoga bermanfaat
Berkah, sehat dan sukses selalu buat semua. Amin…

Bambu Apus, 2 Novemper 2011
-myshandy-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: